LOVE  OF  A GREAT  MOTHER

Tersebutlah kisah seorang Ibu yang memiliki seorang anak perempuan, Ibu tersebut berprofesi sebagai pedagang roti. Setiap pagi ia menjajakan rotinya di sebuah sekolah di kota tersebut. Sang Ibu sedang mengamati pelajar sekolah tersebut sehingga muncullah pertanyaan di dalam hatinya, “apakah anak-anakku bisa sekolah seperti mereka?”

Pertanyaan tersebut terus diingat. Setiap langkahnya selalu diiringi oleh pertanyaan tersebut, bisakah anak-anakku sekolah tinggi? Bisakah mereka sekolah lebih tinggi dariku? Bisakah mereka memiliki kehidupan yang lebih baik dariku?

Seperti biasa, komentar positif dan negatif pun muncul. Ada yang mendukung dan ada yang pesimis.

“Jangan memaksakan diri, terima aja apa adanya”. “Mengapa harus susah payah? Dengan pendidikan seperti ini pun kita masih bisa hidup?” kata salah seorang saudaranya yang sama-sama pedagang roti.

Namun sang Ibu memiliki tekad yang kuat. Biarlah banyak orang yang mengatakan sesuatu tidak mungkin, sebab yang menentukan ialah Alloh (SWT). Jika Alloh (SWT) menghendaki, maka segala sesuatu akan terjadi, tidak ada yang tidak mungkin. “Laa haula wa la quwwata illa billah” inilah kalimat yang selalu menjadi pegangan dalam upayanya meraih cita-citanya.Waktu pun dilalui dengan kerja keras, tidak pernah menyerah, dan berserah diri kepada Alloh (SWT) saat menemui kesulitan.

Alhamdulillaah, bisnis roti Ibu semakin laris sehingga Ibu bisa membuka beberapa toko roti. Ibu terus bekerja keras dan banyak berdo’a. Tahajjudnya rajin sekali. Waktu sepertiga malam dihabiskan Ibu dengan berdzikir dan berdo’a.

Kerja keras Ibu tidak sia-sia. Cita-citanya tercapai. Anak perempuannya berhasil meraih gelar sarjana dengan predikat mahasiswa berprestasi dari sebuah universitas negeri.

Namun…..sang Ibu kini telah tiada, tetapi sang Ibu meninggalkan sebuah warisan yang senantiasa abadi bagi putrinya. Warisan itu adalah sebuah pelajaran akan keteguhan dalam meraih cita-cita.

Slow, steady, and persistence will run the race”

 

(From a Distance, I do Care for You)

Print Friendly